POPULAR STORIES

Mahasiswa Indonesia Menjadi Yang Terbaik Di Kompetisi Mobil Listrik Dunia

Mahasiswa Indonesia Menjadi yang Terbaik di Kompetisi Mobil Listrik Dunia Mahasiswa Indonesia Bikin Bangga di Ajang Shell Eco-Marathon Workd Championship 2023 (Shell)

KabarOto.com - Mahasiswa Indonesia menjadi yang terbaik di ajang kompetisi mobil listrik dunia. ITS Team Sapuangin dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil meraih posisi ketiga, di Shell Eco-marathon World Championship 2023.

Kompetisi ini, mempertemukan 12 tim pelajar yang telah diseleksi secara ketat, untuk mewakili tiga wilayah yaitu Amerika, Eropa dan Afrika, serta Asia-Pasifik dan Timur Tengah.

Program akademik global ini telah berlangsung di Bangalore, India, pada 10-12 Oktober 2023. World Championship menguji kendaraan yang paling efisien atau hemat energi dan cepat. Dalam kategori mileage challenge atau adu efisien, Garuda UNY Eco Team 1 dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berada di posisi puncak.

Baca Juga: Persiapan Tim Indonesia Tempur Di Shell Eco Marathon Akhir Tahun Ini

Sementara itu, ITS menyusul di urutan kedua dan perwakilan Denmark di peringkat tiga. Ingrid Siburian, Presiden Direktur PT Shell Indonesia, mengatakan, “Kita bersyukur dan bangga dengan prestasi para mahasiswa Indonesia diapresiasi secara global,” jelasnya.

Adim, Head of Frame & Body ITS Team Sapuangin, mengatakan, banyak tantangan yang dilalui untuk berada di kejuaraan dunia Shell Eco-marathon. Pencapaian ini adalah bukti kemauan yang tinggi, kerja keras, dan tim yang solid.

Baca Juga: Shell Advance Terus Kembangkan Teknologi Lewat Kolaborasinya Dengan Tim Ducati Corse MotoGP

"Tidak hanya mendorong inovasi, bagi saya, kesempatan ini sekaligus membuat kami fokus merancang mobil hemat energi daripada sekadar bermain gadget (gawai) saja,” ujarnya.

Terdapat tiga tim mahasiswa Indonesia, termasuk Arjuna UI Team dari Universitas Indonesia (UI), dan satu tim dari Singapura yang mewakili wilayah Asia-Pasifik dan Timur Tengah.

Mereka berhak mewakili region ini setelah masuk dalam empat terbaik Regional Championship Shell Eco-marathon yang diselenggarakan di Sirkuit Internasional Mandalika pada Juli 2023. Pada World Championship 2023, region Amerika diwakili oleh tim pelajar dari Amerika Serikat dan Kanada.

Selain Prancis, region Eropa dan Afrika mengirim delegasi dari Jerman dan Denmark.